Home / Tentang Kami / Kerja sama

Kerja sama

 

LITINDO bekerja sama dengan beberapa oknum dan lembaga:

 

 

Dr. Th van den End

 

Sejak awal, LITINDO mendapat banyak bantuan dari Dr. Th. van den End, yang dari tahun 1970 sampai 1980 diutus oleh GZB (Gereformeerde Zendingsbond, Perkumpulan Zending Gereformeerd) ke Indonesia dan bekerja sebagai dosen di STT Jakarta (Jl. Proklamasi). Setelah pulang ke Belanda, dia bekerja pada pembukaan arsip-arsip gerejani yang ada di Indonesia, dan menghasilkan serangkaian terbitan sumber-sumber, a.l. tentang gereja-gereja di Toraja, di Sumba dan di Jawa Barat. Selanjutnya, di Indonesia dia telah menerbitkan beberapa buku teologi, kebanyakan di bidang sejarah gereja, tetapi belum lama ini juga sebuah tafsiran terhadap buku Roma.

Sejak awal LITINDO berdiri, dia selalu mendampingi para penulis dengan nasihat dan bantuannya. Demikianlah, berkat bantuannya yang sungguh berharga, beberapa buku kami dijadikannya siap-cetak (a.l. dua buku dari Prof. Dr. J. Van Bruggen: Kristus di bumi, dan: Markus - Injil Petrus).

 

 

OLINDO

 

LITINDO adalah anggota OLINDO (Overleg Literatur INDOnesia, Perundingan mengenai Literatur Indonesia). Forum kerjasama ini bertujuan mengkoordinasi pekerjaan lektur (teologi) yang dilakukan oleh masing-masing instansi. Sehubungan dengan itu dicari juga kemungkinan adanya proyek-proyek yang dapat ditangani bersama-sama.

Anggota-anggota OLINDO sebagai berikut:

  • GZB (Gereformeerde Zendingsbond, Perkumpulan Zending Gereformeerd)
  • ZCGK (kedeputatan Zending Christelijke Gereformeerde Kerken, Gereja-Gereja Kristen Reformed)
  • ZGG (Zending Gereformeerde Gemeenten, Jemaat-jemaat Reformed)
  • NGK (Nederland Gereformeerde Kerken, Gereja-Gereja Reformed Belanda)
  • OIKONOMOS
  • LITINDO

Proyek-proyek yang pernah ditangani oleh (sejumlah) anggota OLINDO:

  • Buku Enam Belas Dokumen Calvinisme (sebenarnya sebelum OLINDO didirikan)
  • Alkitab Ceri-A (terjemahan Kijkbijbel yang berisi gambar-gambar Kees de Kort)

 

 

EUKUMINDO

 

LITINDO adalah anggota EUKUMINDO, wadah perundingan semua instansi di Eropa (dan bahkan beberapa instansi di luar Eropa) yang mempunyai hubungan dcengan gereja-gereja di Indonesia. Setahun sekali para anggota EUKUMINDFO mengadakan konperensi bersama yang juga dihadiri oleh perwakilan PGI (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia). Tujuan perkumpulan-perkumpulan ini khususnya untuk menukar dan membicarakan informasi aktual tentang situasi gereja dan negara di Indonesia.