Home / Tentang Kami / Litindo

Litindo

LITINDO adalah lembaga yang menulis, menerjemahkan, menerbitkan dan memasarkan buku-buku teologi reformed dalam bahasa Indonesia.

 

LITINDO lahir dari kerjasama Gereja-Gereja Reformasi di Indonesia (GGRI) dengan Gereformeerde Kerken (vrijgemaakt) di Belanda (GKV).

Pada tahun 1987 Konperensi ketiga wilayah GGRI (KalBar, NTT, dan Papua) mengungkapkan kebutuhan akan literatur teologi reformed, dan mendesak supaya diterbitkan buku-buku pelajaran dan penjelasan tentang Alkitab, pengakuan iman, dan peraturan gereja.

Tiga tahun kemudian GGRI di Papua mengusul supaya dua pendeta missionaris dari GKV yang pulang ke Belanda, diangkat untuk menangani tugas itu.

Sesudah dipertimbangkan matang-matang, maka pada akhir tahun 1991 gereja di Belanda mengambil keputusan untuk memulai sebuah proyek guna mengisi kekosongan di bidang lektur teologi reformed di Indonesia. Hal itu dipandang sebagai sambungan pekerjaan Zending dalam pendidikan dan persiapan teologi yang di masa lalu diajarkan melalui kursus-kursus kepada para penginjil dan di Sekolah Teologi Menengah di Waimarangu (Sumba, NTT), Sentagi (Kalimantan Barat) dan Boma (Papua).

Proyek itu diberi nama: LITINDO, yang merupakan kependekan dari LIteratur Teologi dalam bahasa INDOnesia.

 

LITINDO dilajankan oleh Kedeputatan Zending klasis Groningen dari GKV, yang terdiri dari 11 jemaat dengan jumlah total keanggotaan sidi sekitar 4200 jiwa.